Kita patut bersyukur karena bisa hidup ditanah yang kaya akan keberagamannya, yakni negara Indonesia tercinta. Ya, negara tercinta kita ini memang terkenal akan keberagaman budaya, bahasa, suku, agama, bahkan sampai ke kulinernya. Berbicara soal Resep masakan Indonesia, memang tidak akan ada habis-habisnya. Namun, akhir-akhir ini masyarakat kita sedang menggilai pindang ikan bandeng. Selain rasanya yang enak dan gurih, pindang ikan bandeng juga kaya akan sumber vitamin dan protein. Yang lebih hebatnya lagi, harga ikan bandeng ini bisa dibilang cukup ekonomis.

Itu sebabnya, megapa masyarakat Indonesia begitu akrab dengan pindang ikan bandeng. Kita juga sering menjadikan pindang ikan bandeng sebagai lauk pauk dalam sepiring nasi. Bahkan, lauk pauk yang satu ini sangat mudah untuk dijumpai. Akan tetapi, adakalanya juga kita ingin membuatnya sendiri, namun tidak tahu bagaimana cara membuat pindang ikan bandeng tersebut. Nah, bagi kalian yang belum mengetahui cara membuatnya, secara kebetulan juga pada ulasan kali ini akan mengulas seputar resep beserta cara membuat pindang ikan bandeng. Yuk, kita simak.

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan :

– 2 ekor ikan bandeng (potong 4 bagian)

– ½ sendok teh garam dan sasa secukupnya

– 2 cm lengkuas (memarkan)

– 3 buah tomat merah (iris-iris)

– 3 buah cabai merah (iris-iris)

– 4 buah cabai rawit (iris-iris)

– ¼ sendok teh gula pasir

– 1000 ml air putih

– 2 sendok makan air asam

– minyak goreng secukupnya untuk menumis

Bahan bumbu-bumbu halus :

– 4 siung bawang merah

– 4 siung bawang putih

– 5 cm kunyit

Cara Membuatnya :

  1. Siram ikan bandeng dengan air asam dan diamkan selama 25 menit, lalu sisihkan.
  2. Panaskan minyak goreng kemudian tumis bumbu halus hingga harum kemudian susul dengan cabai merah, cabai rawit, lengkuas, tomat, garam, gula pasir, sambil diaduk hingga merata.
  3. Masukkan air dan rebus sampai mendidih.
  4. Masukkan ikan bandeng lalu masak hingga airnya surut dan meresap.
  5. Apabila sudah meresap, sisihkan dan pindang ikan bandeng pun siap disantap dalam keadaan hangat.

Bagaiamana, cukup mudah bukan ? Dengan demikian, anda tidak perlu lagi membeli pindang ikan bandeng di warung-warung masakkan.