Pertunangan merupakan suatu pernyataan atau keinginan menikah yang disampaikan oleh calon suami kepada calon istri, baik itu secara langsung ataupun melalui perantara keluarga. Dengan begitu, jika kedua pihak laki-laki dan perempuan sudah sepakat untuk saling menerima maka terjadilah perjanjian yang akan melangsungkan pernikahan. Dalam pertunangan calon suami belum berhak atas apapun dari calon istri, dikarenakan kedudukan calon istri masih pada tetap pada perempuan asing bagi calon suami.

Walaupun tidak wajib hukumnya, namun acara tunangan ini sudah menjadi tradisi di masyarakat kita. Sehingga banyak orang yang melakukan pertunangan terlebih dahulu sebelum menginjak ke jenjang pernikahan. Hal ini dilakukan mungkin supaya para calon pengantin lebih terikat dengan diadakannya pertunangan tersebut. Walaupun begitu, tetap mereka ini masih bukan muhrimnya sehingga masih ada batas-batas diantara mereka.

Sebelum melakukan acara pertunangan, maka sebaiknya anda melakukan berbagai persiapan terlebih dahulu agar supaya acara tunangannya nanti bisa berjalan dengan lancar yang sesuai dengan harapan anda. Selain mempersiapkan model cincin tunangan, ada beberapa persiapan lainnya yang harus kalian ketahui. Oleh sebab itu, dalam artikel kali ini akan memberikan informasi tentang beberapa langkah dalam menyiapkan acara pertunangan sebagai berikut ini :

  1. Mempersiapkan Tujuan

Dalam hal mempersiapkan acara pertunangan, tentunya anda harus mempersiapkan terlebih dahulu tujuan untuk melangkah ke jenjang pertunangan tersebut. Bertunangan merupakan salah satu langkah di depan sebelum menuju yang lebih serius atau pernikahan, dengan begitu berarti hubungan kalian sudah sangat serius sehingga acara pertunangan bisa menjadi ajang untuk perkenalan antara keluarga kedua belah pihak. Selain itu juga, dalam acara pertunangan akan turut di hadiri oleh kedua keluarga inti atau juga biasanya turut mengundang keluarga besar lainnya. Yang salh satunya adalah teman dekat atau juga para sahabat yang ikut hadir dalam acara ini, sehingga akan tercipta keakraban antara keluarga masing-masing.

  1. Memilih Tanggal Dan Waktu Yang Tepat

Jika anda berencana untuk menggelar acara pertunangan sebaiknya dilakukan pada bulan 6 sampai 11, sebelum pernikahan yang tujuanya adalah agar semakin fokus dalam menyiapkan acara pernikahan. Dalam mengumumkan tanggal pertunangan sebaiknya 1 sampai 2 bulan sebelum hari H, agar keluarga besar lainnya atau teman-teman terdekat anda dapat mengatur jadwal acara mereka.

  1. Menentukan Lokasi Pertunangan

Dalam mengadakan pertunangan, biasanya akan dgelar di kota atau negara asal kelahiran. Yang dikarenakan orang tua dan saudara serta kerabat dekat akan berada di sana, tetunya hal ini juga tergantung dari siapa penyelenggara acara tersebut  di pihak wanita atau pihak pria atau kesepakatan kedua belah pihak dan pasangan.Ketika menetapkan lokasi acara, jangan lupa untuk memperhatikan terlebih dahulu dimana tempat pesta pernikahan diselenggarakan yang tetunya tidak akan meminta para tamu untuk melakukan perjalan 2 kali.

  1. Konsep Undangan

Dalam acara pertunangan tentunya ada 2 macam konsep yang bisa anda lakukan, yang di antara anda bisa memilih konsep dengan menggunakan konsep formal atau juga bisa menggunakan konsep yang sederhana. Jika anda menggunakan konsep yang formal, tentunya anda harus membuat undangan secara formal dengan mengundang cukup banyak orang. Dan jika menggunakan konsep yang sederhana, anda bisa mengundang dengan berbicara secara personal yang mungkin yang diundang hanya keluarga dekat saja.

Itulah beberapa persiapan dalam acara pertunangan yang harus kalian ketahui. Bagaimana, apakah saat ini anda sudah siap untuk melamar dia?